Masa praaksara

   


   Kehidupan saat ini sering disebut dengan era modern, yaitu era kehidupan manusia yang ditunjang berbagai peralatan modern. Meskipun demikian kehidupan manusia pada masa modern ini tidak terlepas dari kehidupan manusia pada masa praaksara. apa buktinya?




    Penggunaan cobek yang terbuat dari batu menunjukkan pewarisan kebudayaan masa praaksara. Kebudayan ini masih tetap berkembang hingga saat ini karena kehidupan manusia mengalami keberlanjutan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kehidupan manusia mengalami kesinambungan sejarah yang tidak terputus meskipun dalam perkembangannya banyak terjadi perubahan. Kiriman manusia pada era modern ini merupakan keberlanjutan dari di depan manusia pada masa masa sebelumnya, termasuk masa praaksara.

 A. Masa praaksara

     Banyak anggapan yang menyatakan bahwa kebudayaan manusia diawali dari keberadaan tulisan. anggapan ini berdasarkan pada penemuan bukti-bukti arkeologis menunjukkan kebudayaan tulis sebagai wujud eksistensi manusia. Sebagai contoh, keberadaan peradaban Hindu-Budha di Indonesia ditandai dengan penemuan Prasasti.
     Jika anggapan bahwa tulisan merupakan awal dari peradaban itu benar, Bagaimana kondisi masyarakat sebelum mengenal tulisan (praaksara)?
     Untuk  mengetahui pengertian masa praaksara perlu dipahami terlebih dahulu pengertian istilah praaksara.
Istilah praaksara berasal dari kata "pra" yang berarti sebelum dan "aksara" yang berarti tulisan. Jadi, masa praaksara berarti masa ketika manusia belum mengenal tulisan. dalam bahasa Inggris, masa praaksara disebut prehistori. Prehistori  berasal dari kata "pre" yang berarti sebelum dan "history" yang berarti sejarah. Masa praaksara disebut juga "nirleka". 



Nirleka berasal dari kata "nir" yang berarti tidak atau tanpa dan "leka" yang berarti tulisan. Jadi mereka berarti masa ketika manusia tidak atau belum mengenal tulisan.
    Perlu Anda tahu perbedaan penafsiran istilah prasejarah. Secara harfiah istilah prasejarah berarti masa sebelum sejarah. Pengertian ini menyiratkan bahwa zaman Sejarah bukan bagian dari sejarah. Kerajinan pengertian ini muncul karena adanya pengertian menafsirkan mengenai kata "sejarah" itu sendiri. Dalam arti sempit sejarah merujuk pada zaman ketika manusia sudah mengenal tulisan. dalam pengertian luas sejarah berarti segala sesuatu yang telah menjadi atau asal mula terjadi sesuatu. Dengan demikian, Jika dilihat dari pengertian secara luas, prasejarah merupakan bagian sejarah karena prasejarah menjelaskan kehidupan manusia pada masa sebelum mengenal tulisan.




 B. Berakhirnya masa praaksara

     Seperti halnya periode di awal masa praaksara, para ahli juga belum dapat menafsirkan periode akhir masa praaksara. Ketidakpastian terjadi karena akhir masa praaksara di tempat berbeda-beda. Sebagai contoh, bangsa Mesir dan Mesopotamia mengakhiri masa praaksara dan mengenal tulisan sekitar abad V sampai III sebelum Masehi. jadi, Kapan masa praaksara di Indonesia berakhir?



     Sekitar 4000 tahun sebelum masehi terjadi perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat pada masa pra aksara di kepulauan Indonesia. Pada masa ini terjadi migrasi yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Austronesia. Keadilan bangsa tersebut di kepulauan Indonesia membawa Indonesia pada zaman protosejarah. Pada masa ini kehidupan masyarakat semakin kompleks. Kompleksitas kehidupan tersebut tidak terlepas dari interaksi sosial masyarakat yang meningkat. Interaksi perdagangan dan pelayaran yang mulai berkembang pada masa ini juga memperkenalkan masyarakat pada masa praaksara Indonesia dengan tulisan. Berkembangnya budaya tulis inilah yang menandai berakhirnya masa praaksara. Para ahli memperkirakan masyarakat Indonesia mengakhiri masa praaksara nya sekitar abad IV-V Masehi. 



bukti berakhirnya masa praaksara Indonesia adalah penemuan prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai di Muara Kaman Kalimantan Timur.

















    Follow my instagram
    @nmt_nrn_ing

    0 komentar:

    Posting Komentar