Teks eksposisi

 A. Pengertian teks eksposisi
     
     Kata eksposisi memiliki beberapa pengertian. Kata eksposisi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu exspotition yang berarti memberitahukan/memaparkan/menjelaskan/menguraikan

 B. Ciri-ciri teks eksposisi
     
        1. Penulis teks berusaha menjelaskan suatu pokok objektif, tidak ada unsur yang bersifat subjektif dan emosional. Penulis sama sekali tidak berusaha membangkitkan emosi pembaca.
        2. Gaya penulisan bersifat informatif, penulis menguraikan objek dengan jelas sehingga pembaca memahami maksud dari teks eksposisi. Penulis teks eksposisi ingin menambah pengetahuan membaca dan memberi informasi yang menerangkan sejelas-jelasnya tentang hal yang dipaparkan.
        3. Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan, fakta tersebut di pakai sebagai penyumbang utama dalam membuat rumusan agar hal yang di sampaikan lebih konkret.

    
Teks eksposisi di gunakan untuk menyampaikan pendapat. Eksposisi biasa di gunakan seseorang untuk menyajikan gagasan. Gagasan tersebut di kaji oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. Bentuk teks tersebut biasa di gunakan dalam kegiatan ceramah, perkuliahan, pidato, editorial, opini, dan sejenis nya lagi.

 C. Mengidentifikasi tesis, argumen, dan rekomendasi dalam teks eksposisi

     Dengan menelaah argumentasi yang di sampaikan penulis atau pembicara kamu akan dapat meyakini lalu menerima pendapat yang di sampaikan. Namun jika argumen yang di sampaikan lemah dan tidak meyakinkan, kamu dapat saja menolak pendapat yang di sampaikan. 
     Pidato adalah salah satu bentuk komunikasi lisan yang menggunakan teks eksposisi, pidato merupakan kegiatan berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat atau memberikan gambaran tefntang suatu hal.












   





Follow my instagram
@nmt_nrn_ing

1 komentar: