Dasar dasar ilmu ekonomi

 A. Pengertian ilmu ekonomi

     Apa yang di maksud dengan ilmu ekonomi?...
Seorang pakar ekonomi dari Massachusetts Institute of Technology bernama Paul Samuelson menjabarkan pendapatnya tentang pengertian ilmu ekonomi.

        1. Ilmu ekonomi atau ekonomi politik (political economy) yaitu studi tentang kegiatan dengan atau tanpa uang mencakup transaksi pertukaran antar manusia.
        2. Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara manusia menentukan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber daya produktif (tanah, tenaga kerja, barang modal, dan pengetahuan teknik) yang bersifat langka dan berjumlah terbatas untuk menghasilkan barang serta mendistribusikan kepada anggota masyarakat untuk dikonsumsi.
        3. Ilmu ekonomi yaitu studi tentang manusia dalam kegiatan sehari-hari untuk mendapat dan menikmati kehidupan.
        4. Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara manusia bertingkah pekerti untuk mengorganisasi kegiatan konsumsi dan produksi.
        5. Ilmu ekonomi yaitu studi tentang kemakmuran.
        6. Ilmu ekonomi yaitu studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.

     Dari pengertian tersebut apa yang dapat anda simpulkan dari pengertian ilmu ekonomi ?
     Kesimpulannya adalah Ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan komsumsi, sekarang dan di masa datang, kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.


     Pada perkembangan nya teori ekonomi tidak sebatas pada definisi, Wannacott, seorang ekonom Amerika Serikat, memberikan penjelasan tentang tujuan mamusia mempelajari ilmu ekonomi yaitu sebagai berikut.
        1. Tingkat pengerjaan tinggi yang membantu mengatasi masalah ketenagakerjaan, pengangguran, tingkat upah, kesempatan kerja, dan hubungan kerja.
        2. Stabilitas harga menyangkut upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah tingkat harga dan inflasi sehingga tidak merugikan masyarakat dan negara.
        3. Efisiensi yang berkaitan dengan perhitungan pelaku ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi secara menguntungkan.
        4. Distribusi pendapatan secara adil diupayakan pemerintah dan masyarakat dalam rangka mencapai tingkat kesejahteraan hidup.
        5. Pertumbuhan ekonomi yang mengarah pada penyelenggaraan pembangunan secara adil dan merata.

 B. Pembagian ilmu ekonomi

     Secara umum ilmu ekonomi dibagi menjadi 3. Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C. Hagues, penulis buku A textbook of Economic Theory (1980), pembagian ilmu ekonomi mencakup ilmu ekonomi deskriptif, ilmu ekonomi teori, dan ilmu ekonomi teori terapan.

        1. Ilmu ekonomi deskriptif
            Apa yang anda ketahui tentang ilmu ekonomi deskriptif ?...
Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) Edisi ke tiga (2008), deskriptif berarti menggambarkan apa adanya. So... ilmu ekonomi adalah analisis ekonomi yang menggambarkan keadaan ekonomi sebenarnya berdasarkan fakta dalam perekonomian.
         2. Ilmu ekonomi teori
            Ilmu ekonomi teori (theory economics) diartikan sebagai ilmu ekonomi yang berusaha menjelaskan dan merumuskan pengertian, sementara itu ilmu ekonomi teori memiliki ruang lingkup ekonomi yang dapat di bedakan menjadi 2 yaitu ;
          a). Ekonomi mikro (Microeconomics)
                Ekonomi mikro mengkaji bagian kecil dari kegiatan perekonomian. Ilmu ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan produsen/perusahaan serta penentuan harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang di perjual belikan.


               Ekonomi mikro membahas komponen komponen sebagai berikut.
          • Interaksi di pasar barang
          • Interaksi di pasar faktor produksi
          • Perilaku penjual dan pembeli
     
         b). Ekonomi makro (Macroeconomics)


               Ekonomi makro mempelajari kekuatan dan kecenderungan yang memengaruhi kondisi perekonomian secara keseluruhan. Berikut komponen-komponen ekonomi makro.
          • Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi
          • Stabilitas Ekonomi Negara
          • Inlasi
          • Pertumbuhan Ekonomi
          • Ekonomi internasional
          • Neraca pembayaran Internasional
          • Nilai Kurs Mata Uang
          • Peredaran Uang Dalam Masyarakat

          3. Ilmu ekonomi terapan
              Untuk memahami ilmu ekonomi terapan anda dapat memahami lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Perhatikan contoh berikut!
              Seorang anak benama Mika dan teman nya yang bernama Eliel. Mika diajarkan orang tua nya untuk tidak boros oleh sebab itu Mika lebih suka menghemat uang jajan dan di tabung sementara Eliel adalah seorang anak orang kaya yang tajir dan lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan.
              Secara tidak langsung Mika menerapkan konsep ilmu ekonomi, sedangkan Eliel tidak dapat menguasai konsep ilmu ekonomi sehingga dapat menimbulkan permasalahan sosial. Sehingga dari ilustrasi di atas dapat di simpulkan bahwa ilmu ekonomi penting dan perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ekonomi terapan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan, pedoman, atau standar yang tepat dalam mengatasi masalah ekonomi tertentu. Teori ilmu ekonomi juga dapat di terapkan dalam bidang lain seperti kesehatan, geografi, politik, dan pendidikan.
















Follow my instagram
@nmt_nrn_ing


0 komentar:

Posting Komentar