Besaran dan satuan

     besaran, satuan, dan pengukuran sangatlah bermanfaat dalam kehidupan manusia. Berbagai penerapan fisika membuka wawasan anda bahwa fisika bermanfaat bagi kehidupan.



contoh kegiatan pengukuran seperti siswa mengukur panjang meja, pedagang menimbang telur, dan petugas Posyandu menimbang balita. penjelasan tentang besaran dan satuan sebagai berikut.

 A. Besaran 

     Besaran merupakan sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka. Dalam fisika, besaran terbagi menjadi besaran berdasarkan satuannya dan besaran berdasarkan nilai maupun arah.
        1. besaran berdasarkan satuannya
            a) besaran pokok
               Besaran pokok adalah besaran yang tidak tersusun oleh besaran lain dengan satuan tertentu. Pada tahun 1954 sampai 1971 diterapkan 7 besaran pokok dan satuannya. Berbagai besaran pokok dan satuannya dapat Anda lihat dalam tabel berikut.



            b) besaran turunan
               Besaran turunan adalah gabungan dari sejumlah besaran pokok. Satuan besaran turunan berdasarkan satuan besaran besaran penyusunnya. Contoh besaran turunan dijelaskan dalam tabel berikut.



        2. Besaran berdasarkan nilai dan arahnya
               Besaran berdasarkan nilai dan arahnya dibagi menjadi besaran vektor, besaran tensor, dan besaran skalar. Besaran vektor dan besaran tensor memiliki kesamaan. keduanya memiliki nilai dan arah. 


Adapun perbedaannya yaitu perbedaan vektor memiliki suatu arah, sedangkan besaran dan suara memiliki banyak arah. Di tingkat SMA anda hanya akan mempelajari besaran vektor. Contoh besaran vektor antara lain perpindahan, kecepatan, percepatan, dan gaya, sedangkan contoh besaran tensor antara lain tegangan, renggangan, dan koefisien gaya gesek.

 B. Satuan

     Satuan ukur di setiap daerah memiliki perbedaan. Sebagai contoh di daerah Indonesia terdapat banyak nama satuan. Contoh nama satuan luas di Indonesia seperti ubin untuk Jawa Tengah, tumbak untuk Jawa Barat dan masih banyak lagi. Tidak hanya Indonesia, di negara lain pun terdapat perbedaan satuan. oleh karena itu, dalam membandingkan hasil pengukuran diperlukan sistem satuan yang tepat dan diakui banyak orang. Sistem satuan yang dijadikan standar satuan dinamakan satuan sistem internasional berikut penjelasannya.


  1. standar satuan massa adalah kg.
  2. Standar satuan panjang adalah meter.
  3. Standar satuan waktu adalah sekon atau detik.
  4. Standar satuan arus adalah ampere.
  5. Standar satuan suhu adalah Kelvin.
  6.  standar satuan jumlah zat adalah mol.
  7. Standar satuan intensitas cahaya adalah candela.












Follow my instagram
@nmt_nrn_ing

0 komentar:

Posting Komentar